Selasa, 09 Mei 2017

CARA MELAKUKAN CHECK IN SECARA ONLINE

Untuk semakin memudahkan pelanggan, kini maskapai penerbangan Indonesia mulai menerapkan sistem Check In pesawat secara online, baik melalui website resmi maskapai penerbangan ataupun secara mobile melalui ponsel. Berikut ketentuan dan langkah-langkah Check In secara online yang bisa Anda pelajari untuk semakin memudahkan perjalanan Anda.
GARUDA INDONESIA
Check In online maskapai penerbangan Garuda Indonesia bisa dilakukan mulai 24 jam sebelum keberangkatan. Mudah sekali untuk melakukan Check In melalui website resmi Garuda Indonesia (https://www.garuda-indonesia.com), pilih menu Check In, kemudian masukkan kode booking tiket pesawat atau nomor e-ticket, serta pilih kursi yang masih tersedia dan terakhir klik “Konfirmasi”. Ada tiga pilihan yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan boarding pass, yaitu versi cetak, pemberitahuan melalui sms, atau terima surat. Sebaiknya, pilih saja versi cetak untuk memudahkan saat keberangkatan di bandara. Sedangkan untuk fasilitas Mobile Check In, dapat dilakukan 24 hingga 4 jam sebelum keberangkatan bagi penumpang First Class, Business Class, dan Economy Class.
CITILINK
Citilink menyediakan sistem Online Check In melalui website untuk mempercepat proses pelayanan di bandara. Penumpang yang ingin Check In melalui website hanya dapat dilakukan oleh penumpang dewasa yang dilakukan 12 hingga 5 jam sebelum keberangkatan dan pastikan penumpang tersebut tidak membawa bagasi yang perlu dititipkan (checked baggage). Prosedur Check In melalui website Citilink (Citilink.co.id) tidak jauh berbeda dengan Garuda Indonesia, yaitu pilih menu Check In, masukkan 6 digit kode booking, nama belakang penumpang, lalu e-mail yang digunakan saat pembelian tiket melalui website. Setelah data lengkap, klik “Find Booking” untuk menemukan data penerbangan Anda. Centang kolom “Check In” dan “Lanjutkan”. Di halaman terakhir akan muncul boarding pass serta nomor saat yang secara otomatis dipilih secara acak oleh sistem yang perlu Anda cetak untuk dibawa saat keberangkatan di bandara. Citilink juga berinovasi dalam memberikan solusi Mobile Check In yang mudah dan praktis lewat ponsel.
LION AIR
Proses Web Check In maskapai penerbangan Lion Air dimulai dari website resmi Lion Air (https://www.lionair.co.id). Anda akan melihat kolom “Confirmation” yang diisi dengan kode booking tiket pesawat dan kolom “Last Name” yang diisi dengan nama belakang penumpang. Klik “Search” bila data sudah terisi lengkap. Setelah muncul data penerbangan, Anda bisa memilih kursi yang diinginkan dan mendapatkan boarding pass dengan bentuk cetak atau digital yang akan dikirim melalui e-mail Anda.
AIR ASIA
Air Asia memperlakukan waktu yang relatif panjang bagi penumpang yang ingin melakukan Check In melalui website resmi Air Asia, yaitu dibuka sejak 14 hari dan minimal 1 jam sebelum keberangkatan. Dalam form Web Check In, penumpang harus mengisi kolom nomor booking, daftar kota keberangkatan, dan nama terakhir penumpang yang memesan tiket pesawat Air Asia. Sama seperti Citilink, pemilihan kursi tidak diperkenankan karena sudah diatur oleh sistem. Anda dapat memilih menyimpan salinan data bukti Web Check In melalui file pdf yang dikirim melalui e-mail atau menerima barcode 2D melalui ponsel untuk dipindai dan dicetak saat masuk bandara.

TIGER AIR

Web Check In maskapai penerbangan Tiger Air dapat dilakukan melalui website resmi Tiger Air di www.tigerair.com/webcheck. Saat ini, Tiger Air hanya melayani Web Check In bagi penumpang yang bepergian dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta yang dibuka mulai 48 jam hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan dan hanya berlaku untuk tujuan penerbangan ke Bangkok, Kuala Lumpur, Hongkong, Singapura, Medan, Pekanbaru, Jogjakarta, dan Denpasar. Anda pun tidak bisa memilih kursi sendiri karena sudah diatur oleh sistem. Proses Web Check In maskapai Tiger Air sama seperti maskapai penerbangan lainnya, dan tentu setelah selesai melakukan Check In melalui website, Anda wajib mencetak boarding pass untuk ditunjukkan ke petugas bandara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar