Senin, 31 Juli 2017

Ketahui Manfaat Pisang Ambon Yang Luar Biasa

Manfaat pisang ambon mungkin belum banyak orang yang menyadarinya. Namun jika ditelusuri lebih jauh, jenis pisang yang satu ini menyimpan banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang kita ketahui bahwa pisang merupakansa salah satu jenis buah yang bermanfaat bagi kesehatan terutama pencernaan.
Pisang ambon tergolong salah satu jenis pisang yang memiliki rasa sangat manis dan aroma yang khas. Tidak mengherankan jika jenis pisang yang satu ini banyak disukai oleh hampir setiap orang. Lalu apa saja manfaat buah pisang ambon untuk kesehatan? Simak penjelasan berikut ini.
Mengandung Asam Folat
Salah satu manfaat buah pisang ambon yaitu menyediakan kandungan asam folat yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh ibu hamil.
Asam folat berguna untuk membantu perkembangan tulang belakang dan otak janin. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan cacat pada janin. Oleh karena itu pisang ambon bisa menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil guna mencukupi kebutuhan asam folat.
Menurunkan Berat Badan
Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, pisang ambon bisa menjadi salah satu menu diet sehat yang bisa Anda konsumsi. Pisang ambon tergolong salah satu jenis makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks. Hal ini tentunya akan membantu mengontrol nafsu makan dan mencegah terjadinya penumpukan kalori yang berujung menjadi lemak penyebab kelebihan berat badan.
Mengatasi Gangguan Pada Lambung
Bagi Anda yang memiliki masalh dengan lambung, konsumsilah pisang ambon secara teratur. Anda bisa menjadikan pisang ambon sebagai jus dengan kombinasi susu. Dengan konsumsi secara rutin  maka akan membantu menetralisir asam lambung.
Mengatasi Anemia
Pisang ambon mengandung sejumlah mineral penting. Salah satunya yaitu zat besi yang bermanfaat untuk membantu pembentukan haemoglobin darah. Nah, bagi Anda yang mengalami gejala anemia maka bisa mengkonsumsi buah pisang untuk membantu mengatasi penyakit tersebut.
Menurunkan Resiko Diabetes
Pisang ambon termasuk jenis buah dengan indeks glikemik rendah sehingga aman untuk penderita diabetes. Kandungan kadar gula pada pisang lebih mudah diserap serta diolah menjadi energy sehingga sangat aman untuk penderita diabetes. Bahkan secara perlahan bisa membantu menurunkan resiko penyakit tersebut.
Mengatasi Penyakit Liver
Penyakit liver merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat berbahaya apabila berkembang menjadi sangat kronis. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit tersebut yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang secara teratur.
Sumber Energi Tubuh
Pisang ambon mengandung 99 kkal dalam 100 gram. Jumlah ini mungkin tidak banyak namun bisa memberikan energy bagi tubuh dan menghilangkan rasa lapar.
Nah, demikian manfaat pisang ambon yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Untuk memperoleh manfaat tersebut disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang secara rutin dan teratur. Supaya tidak bosan, Anda bisa mengkonsumsinya dalam berbagai olahan seperti dijadikan pancake, bolu ataupun dikonsumsi langsung.
Pisang ambon sangat mudah diperoleh dipasaran. Harga pisang ini juga tidak terlalu mahal dan terjangkau. Bahkan bagi Anda yang memiliki pekarangan rumah cukup luas bisa menanam pisang tersebut.
Mengkonsumsi makanan sehat alami tentunya akan memberikan dampak yang positif untuk kesehatan tubuh. Disamping itu, hindari kebiasaan buruk dan mulailah biasakan untuk bergerak aktif dengan berolahraga. Kombinasi makanan sehat dan olahraga akan membuat tubuh kita senantiasa selalu sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar